Tajam News Kriminal

Polisi Bekuk 3 Pelaku Pencurian Mobil Pick Up di Demak

Demak,Mediatajam.com – Polres Demak menangkap tiga pelaku pencurian spesialis mobil pick up. Ketiganya telah melakukan pencurian mobil jenis pick up di toko besi hidup baru, milik Kurnia Kristitjanto (50), Desa Karangrejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Mereka punya tugas tersendiri dalam mengambil mobil pick up yang sudah di targetkan.

Ketiga pelaku yakni Subkhan (37), warga Desa Margolinduk, Kecamatan Bonang; Hartono (40), warga Desa Sukodono, Kecamatan Bonang; dan Fahrur Rozi (36), warga Desa Kerandon, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak.

Mereka melakukan aksinya dengan membawa mobil honda brio. Hartono berperan sebagai tukang eksekusi unit mobil. Sedangkan Subkhan membantu Hartono memanjat pagar dan memotor gembok pintu.

Tersangka lainnya, Fahrur Rozi bertindak mengawasi tempat kejadian dan Munawir yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sebagai sopir mobil honda brio. Alasannya mereka mengambil mobil jenis ini, selain mudah juga cepat laku di pasaran.

“Kami pilih pick up karena tidak ada kunci pengamannya. Rata-rata mobil laku Rp 15 juta. Terus uangnya kami bagi rata berempat,” kata Hartono saat gelar perkara di Mapolres Demak, Jumat (09/11/2018) siang.

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo.SIK, mengatakan sekitar pukul 02.00 WIB, para pelaku beraksi membawa kunci T untuk membuka pintu dan merusak dengan kunci T untuk menghidupkan mobil lalu melarikan mobil tersebut.

“Dari hasil pencurian tersebut, mereka menjualnya dengan harga Rp 15 juta. Kemudian mereka membagi uang tersebut sekitar 3 jutaan,” terangnya.

Kasubag Humas, Iptu Budi Santoso menambahkan, saat ini polisi masih melakukan pencarian terhadap Munawir dan penadahnya yang melarikan diri.

“Kami masih melakukan pengejaran terhadap saudara Munawir dan penadahnya,” ujarnya.

Mereka di jerat dengan Pasal 363 KUHPidana, Pencurian dengan Pemberatan, dengan anacaman hukuman 7 Tahun penjara.**hms/jun