Tajam News

Selain Memimpin PT.RBSJ dan Ketua Lindu Aji Rembang, Ternyata Jalal Juga Ngajar Ngaji di Ponpes

Rembang ,mediatajam.com – Selain dikenal sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyatakat (LSM ) Lindu Aji Kabupaten Rembang dan memimpin sebuah perusaahan plat merah milik Pemkab Rembang.

Ternyata tidak banyak orang yang tahu jika keseharian Jalaludin banyak dipenuhi kegiatan positif .

Baik itu yang menyangkut sosial kemasyarakatan maupun pengabdian yang lainnya.
Tak ayal, setiap hari
Minggu malam Senin Ia harus meluangkan waktunya untuk mengamalkan ilmunya.

Jalaludin Mantan Kepala Desa Gunungmulyo Kecamatan Sarang yang saat ini menjadi Direktur PT.Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ ) salah satu perusahaan milik Pemkab Rembang.
Merupakan sosok inspirasi karena dia memiliki prinsip bagaimana hidup ini bisa berguna bagi orang lain. Setidaknya di lingkungan tempat tinggalnya.
Prinsip hidup itulah yang dia terapkan ketika masih kuliah

Jalal sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa kesehariannya harus dipenuhi dengan kegiatan yang positif. Baik itu yang menyangkut sosial maupun pengabdian yang lainnya.
Salah satunya seminggu sekali Ia harus meluangkan waktunya untuk mengamalkan ilmunya mengajar di Pondok Pesantren Nurul Musthofa Bonang Lasem yang sudah berjalan 2 tahun ini.

“Dahulu pondok itu berada di Sumbergirang Lasem, namun kini sudah pindah ke Bonang Lasem Rembang,”beber Jalal mengawali pembicarannya.

Sebelum menjadi pengajar Jalal dulu sempat mondok di pesantren.
Al Hasil dengan ilmu yang ia dapat kini bisa diamalkan kepada para santri.
Sehingga nantinya bisa bermanfaat secara berkelanjutan.

“Untuk pendidikan ngaji, saya pernah mondok di Desa Cebolek Kajen. Di pesanteren pada tahun 1992 Kajen tepatnya di Ponpes Jannatul Huda Cebolek selama 6 tahun,”urainya.

Di satu sisi, untuk peruntungannya sendiri ia pun pernah menjadi sopir beberapa alat berat sebagai tumpuan mencari penghasilan.

“Perjalanan awal menjadi sopir alat berat seperti halnya crain, Excavator dan sejenisnya. Itu awal mulanya,”sebutnya.

Setelah itu, ia lantas mencalonkan diri menjadi Kepala desa tahun 2013. Lalu ia berhasil kepilih dan pada tahun 2013 hingga 2019 didapuk menjadi Kades Gunung Mulyo Kecamatan Sarang.

“2013-2019 menjadi kepala desa. Setelah tak menjadi Kades, saya bekerja wiraswasta atau swasta selama 2 tahun di perusahaan swasta Surabaya,”akunya.

Tak hanya di situ saja, Jalal pun mempunyai aktivitas lainnya. Yakni menjadi Ketua DPC Rembang Lindu Aji. Di mana organisasi itu untuk meluangkan kemampuannya untuk bergaul dengan sosial lainnya.

“Selama satu tahun ini menjadi ketua DPC Kabupaten Rembang Lindu Aji. Tentu harus didasari dengan sikap sosial yang maksimal,”paparnya.

Dengan serentetan yang diceritakannya, ia pun berharap supaya para santri bisa mengembangkan kemampuannya dengan baik.

“Sebab mondok merupakan kawah candradimuka pendidikan. Sehingga nantinya bisa mengamalkan ilmunya di saat lulus nanti,”harapnya.(Hasan M Yahya)