Tajam News

Tokoh Nelayan Cantrang Rembang Didapuk Jadi Ketua JMN

REMBANG,Mediatajam. Com – Tokoh nelayan Cantrang Rembang Lestari Priyanto didapuk menjadi Ketua Cabang Jaringan Nelayan Matahari (JNM) Kabupaten Rembang .Acara penyerahan Surat Keputusan (SK) pengurus sekaligus deklarasi berlangsung di Desa Pacar Kecamatan Kota Selasa malam (11/12/2018)

Jaringan Nelayan Matahari (JNM) merupakan organisasi sayap dari Jaringan Matahari yang didirikan sejak tahun 2015.
Di tahun 2018 sekarang ini,
JNM mengagendakan untuk berpartisipasi dalam hajatan Demokrasi Pilpres dengan mendukung pasangan nomor urut 01 sebagai pasangan calon Presiden di tahun 2019 mendatang.

Jaringan Nelayan Matahari (JNM) sangat mendukung pasangan Capres tersebut dengan harapan dan tujuan agar dapat melakukan pembelaan terhadap para nelayan, yaitu nelayan cantrang dan juga para nelayan lainnya.

Karena dua pertiga dari wilayah Indonesia kita ini di kelilingi oleh laut, yang notabene nenek moyang kita pun juga seorang pelaut.

Jaringan Matahari bersama Paslon Nomor urut 01, memiliki 12 program Kampanye Positif-Kreatif yakni antara lain,
Program Akademi Indonesia Maju yang telah dilakukan secara nasional, yaitu Konsolidasi Nasional Online bersama Ketua TKN 01 Erick Thohir, ada program Koling Jokowi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, ada juga program santripreneur dan wirausaha pelajar, Serta program Kampanye Kreatif lainnya.

”Jaringan Nelayan Matahari (JNM) punya harapan sebagai wadah aspirasi nelayan untuk pembelaan dan pemberdayaan terhadap para nelayan”, ungkap Sutia Budi selaku Koordinator Nasional Jaringan Matahari.

Kepada wartawan, Sutia Budi juga menjelaskan bahwa banyak pihak bersama nelayan cantrang telah melakukan kajian tentang alat tangkap cantrang yang sebenarnya sangat ramah lingkungan dan juga alat tangkap tersebut telah berstandart SNI.

Deklarasi Jaringan Nelayan Matahari (JNM) yang digelar sangat sederhana juga secara simbolis, dengan menyerahkan Surat Keputusan Kepengurusan Jaringan Nelayan Matahari Kabupaten Rembang kepada Lestari Priyanto selaku Ketua, yang dilakukan oleh Koordinator Nasional Jaringan Matahari, Sutia Budi.

Dalam penyerahan secara simbolis didampingi oleh Sekretaris Jaringan Nelayan Matahari Rembang, M. Murtadlo dan juga Bendahara, yang disaksikan oleh para perwakilan nelayan Rembang.

Harapan nelayan, dengan adanya Jaringan Nelayan Matahari mampu memberikan energi positif, mampu mengayomi dan memperjuangan aspirasi para nelayan di Kabupaten Rembang pada khususnya.

Dengan terbentuknya Jaringan Nelayan Matahari (JNM), nantinya diharapkan para nelayan di Kabupaten Rembang semakin mampu berkembang ke arah kemajuan.

Ketua Jaringan Nelayan Matahari (JNM) Kabupaten Rembang, Lestari Priyanto menyatakan, “Kami akan segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan nelayan cantrang se-Kabupaten Rembang agar segala perjuangan untuk legalisasi cantrang dapat diakomodir oleh Jaringan Matahari yang selanjutnya dapat disampaikan kepada Bapak Presiden Jokowi. Sebelum deklarasi ini, telah kami berembug dan mempertimbangkan berbagai hal.

Kami Sepakat untuk mendukung penuh pasangan Jokowi-Ma’ruf untuk memimpin Indonesia periode 2019-2024. Kami berharap Pak Jokowi semakin peduli terhadap permasalahan nelayan cantrang, selalu membela kepentingan nelayan”. pungkasnya (san)