Tajam News

17 JPT Pratama Akan Segera Dilelang Bupati Rembang Abdul Hafidz : Pejabat Yang Memenuhi Syarat Segera Mendaftar

Rembang,mediatajam.com -Kekosongan jabatan di sejumlah OPD di Pemerintah Kabupaten Rembang dalam waktu dekat akan segera terisi .
Pengisian kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) itu dilakukan setelah rekomendasi dari Kepala Aparatur Sipil Negara (KASN) turun.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz kepada wartawan baru baru ini mengatakan juga sudah menunjuk Panitia Seleksi (pansel). Delegasi Universitas Sebelas Maret (UNS) dipercaya sebagai Ketua Pansel.

“Pansel mulai bertugas untuk mengisi kekosongan-kekosongan. Jadi, kita sudah memberikan SK kepada Pansel dari unsur Perguruan Tinggi 2, dari unsur Pemkab 1, dari tokoh 1 dan perguruan tinggi lokal 1. Jadi, ada 5. Ini yang kita beri tugas untuk memproses pengisian jabatan yang kosong,” Imbuhnya.

Bupati menambahkan pejabat yang memenuhi syarat dimohon untuk mendaftar. Karena bersifat terbuka, sehingga siapapun bisa mendaftar.

Bupati menargetkan, lelang jabatan JPT Pratama dimungkinkan tuntas paling lambat akhir Desember 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang, Fahrudin mengungkapkan, ada 17 JPT Pratama yang akan dilelang. Dimana dalam proses lelang tersebut setidaknya harus ada 40 pejabat yang mendaftar. Sebab, secara regulasi paling sedikit harus ada 3 nama yang akhirnya nanti diserahkan oleh pansel kepada Bupati Rembang.

Sekda menyebutkan beberapa jabatan tersebut cukup strategis, antara lain adalah Kepala Dindukcapil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop), Sekretaris DPRD (Sekwan) serta Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Sementara ini, Kepala BPPKAD dijabat sementara oleh Mualif yang secara definitif menjabat sebagai Asisten 1 Sekda Rembang.

Beberapa pejabat lainnya juga merangkap atas jabatan yang ditinggalkannya, seperti Sulistyono sebagai Kepala Satpol PP juga Plt Kepala Dinpermades.

Saat ini, pihaknya juga dalam status menunggu pengesahan mutasi Kepala BKD Suparmin dari Kemendagri dan Dirjen Kependudukan.

“Tahapan lelang terbuka sudah tentu kami koordinasikan dengan tim pansel yang ditunjuk Pak Bupati. Semua jabatan yang kosong karena mutasi, statusnya saat ini sudah diisi Plt karena terkait kepentingan tugas pengguna anggaran,” jelas Fahrudin.

Sejumlah pos Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah lama diisi Plt tantara lain adalah Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan), Dinas Perhubungan (Dinhub) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo).(HMY)