Tajam News

4 Perangkat Desa Banowan Sarang Dilantik Ini Kata Anggota DPRD Rembang

REMBANG,Mediatajam.Com _ 4 orang calon perangkat Desa yang lolos penjaringan perangkat dari Desa Banowan Kecamatan Sarang resmi dilantik, Minggu (17/12/2017).

Berdasarkan data yang didapat keempat orang yang bakal menduduki masing -masing jabatan yang ada di desa tersebut. Diantaranya yakni Zaenuri S dilantik sebagai Sekretaris Desa, Nanang Ilyasak sebagai Kasi Perencanaan, Abdul Rokhib Sebagai Kasi Kesejahtraan dan Dul Rohman sebagai Kasi Pemerintahan
Pelantikan yang digelar di Pendopo balai desa setempat dihadiri oleh Camat Sarang Muttaqin, Kepala Desa Banowan Tasriyatun, Danramil Sarang diwakili oleh Serka Hamzah Akbar, Bhabinkamtibmas Brigadir Agus cahyo, Kepala UPT Dinas Pendidikan Sarang Jaswadi, Kepala KUA Sarang Zuhri.

Tak hanya Forkopimcam, acara tersebut juga dihadiri oleh perangkat desa setempat, BPD tokoh masyarakat dan pemuda.
Berdasarkan pantauan di lapangan acara tersebut sekaligus dilakukan dengan cara pengambilan sumpah janji dan pelantikan oleh Kepala Desa Banowan dalam agama islam dengan rohaniawan serta dilanjutkan penanda tanganan berita acara dan penyerahan SK.

Kepala Desa Banowan Tasriyatun dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada perangkat desa yang baru.
“Jadilah perangkat desa yg jujur, adil bertanggung jawab. Serta terimakasih atas pencalonan ini bisa berjalan dengan lancar hingga pelantikannya,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sarang Muttaqin mengungkapkan, keempat orang perangkat desa terpilih hasil seleksi di Desa Banowan yang jabatan tersebut memang dibutuhkan oleh desa.
“Perangkat desa juga merupakan pejabat desa,abdi negara dan abdi masyarakat yg diminta pengabdiannya, tenaga nya sampai usia 60 tahun,”urainya.
Tak hanya menguraikan lama masa pengabdian perangka desa, ia juga menjelaskan proses kerja perangkat desa dengan mencontohkan pribahasa jawa.
“Perangkat desa mempunyai kategori dalam bahasa jawa yaitu TATARAN DUGANG BUJANG,artinya nunggu diperintah dulu baru mau kerja,dimarahi dulu baru mengerti apa yg harus dikerjakan, yg kedua adalah SEMONI yaitu tidak perlu disuruh sudah tanggap dalam melakukan pekerjaan,”bebernya.
“Selamat bertugas kepada perangkat desa yang baru dilantik semoga bisa membantu kerja kepala desa demi kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Desa Banowan Kec Sarang yang juga anggota DPRD Kab Rembang. H Supadi kepada mediatajam mengatakan seleksi perangkat desa banowan dilakukan secara terbuka dan tidak ada sedikitpun kolusi maupun nepotisme .

“Berdasarkan pemantauan yang saya lakukan proses pencalonan perangkat desa banowan berjalan sesuai mekanisme yang ada memang dari 7 calon yang mendaftar ada sebagian yang masih keluarga dengan kades namun 4 orang yang lolos tes perangkat tersebut ada juga yang bukan dari keluarga kades “terangnya secara singkat.**Hasan Yahya