Tajam News

406 Prajurit Dan PNS Korem 071/Wk Naik Pangkat

Banyumas, Mediatajam.Com_Kenaikan pangkat dan golongan pada hakekatnya merupakan bentuk penghargaan sekaligus penghormatan yang diberikan negara atau pemerintah kepada seorang prajurit dan PNS sebagai abdi negara dan masyarakat, karena telah dapat menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang baik yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugasnya kepada bangsa dan negara, papar Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M.

Dalam sambutannya yang disampaikan Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin pada Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira dan Pelantikan Kenaikan Pangkat Bintara, Tamtama serta PNS Korem 071/Wk Periode 1 April 2018, Senin (2/4/2018) di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas.

Karena itu, lanjutnya. Kenaikan pangkat, dimaknai sebagai suatu kepercayaan sekaligus amanah dari bangsa, negara dan Tuhan Yang Maha Esa, yang akan dimintai pertanggungjawabannya. Karenanya, kenaikan pangkat hendaknya diterima dengan penuh rasa syukur disertai doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar senantiasa diberi kemampuan dan kekuatan sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih baik.

“Terkait dengan dinamika tugas kedepan, maka kenaikan pangkat ini harus dapat dijadikan sebagai sumber motivasi untuk peningkatan profesionalisme keprajuritan serta menjadi sarana instrospeksi, sehingga diperoleh kesadaran yang mendalam untuk bekerja lebih baik dan lebih arif dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi dalam hidup sehari-hari”, terangnya.

Dikatakan pula, hakekat kenaikan pangkat yang diperoleh tersebut mampu memberikan nilai manfaat yang baik bagi kehidupan keluarga, organisasi satuan maupun ketaatannya dalam beribadah kepada sang pengasih dan penyayang Tuhan Yang Maha Esa.

“Tanamkan dalam diri kita bahwa kita mampu mengaktualisasikan makna kenaikan pangkat tersebut secara tepat dan benar pada porsi dan kapasitas jabatan yang kita sandang”, terangnya.

“Sebagai prajurit dan PNS yang bertugas di kewilayahan/teritorial, maka saudara diharapkan mampu membangun dan meningkatkan komunikasi sosial baik dengan unsur Pemerintah Daerah, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat maupun dengan berbagai komponen dan elemen bangsa lainnya”, tegas Danrem.

“Disamping itu, juga harus peka dan tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi yang ada diwilayah tugas masing-masing”, lanjutnya.

“Kepada para Perwira, kembangkan terus kepemimpinan lapangan yang berkualitas dan mumpuni, sedangkan kepada para Bintara, Tamtama dan PNS, tingkatkan dan kembangkan terus budaya kerjasama, sinergitas, persatuan dan kesatuan serta kemampuan deteksi dini, temu cepat, lapor cepat dan loyalitas tegak lurus”, terang Danrem 071/Wk.

Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira dan Pelantikan Kenaikan Pangkat Bintara, Tamtama serta PNS Korem 071/Wk Periode 1 April 2018, prajurit dan PNS yang diajukan Usul Kenaikan Pangkat untuk prajurit 406 personel dengan rincian Kenaikan Pangkat Reguler 380 personel, Kenaikan Pangkat Penghargaan 26 personel (Pamen 6 orang, Pama 3 orang, Bintara 17 orang).

Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, prestasi, dedikasi dan loyalitas melalui Sidang Pankar, prajurit yang dinyatakan memenuhi syarat dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula berjumlah 369 personel dengan rincian Perwira 21 personel (4 Har Pamen, 3 Har), Bintara 306 personel (289 KP Reguler dan 17 KP Penghargaan) dan Tamtama 42 personel.
Sedangkan yang belum memenuhi syarat, sebanyak 54 personel.

Sementara itu untuk Usul Kenaikan Pangkat PNS yang diajukan sebanyak 33 personel (1 Golongan III dan 32 Golongan II). Dari 33 personel PNS yang di UKP kan, semuanya memenuhi syarat dan dinaikkan Golongan nya satu tingkat lebih tinggi dari Golongan semula.**Didy