Tajam News

Berbasis Pariwisata dan BUMDes, Prodi Ketahanan Nasional Pascasarjana UGM Gelar PKM di Rembang

REMBANG, mediatajam.com – Sekolah Pascasarjana Program Studi Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kadiwono, Kecamatan Bulu, Rembang dengan tema penguatan desa sejahtera mandiri berbasis pariwisata dan Bumdes, Sabtu (31/7/2021).

Perwakilan Prodi Ketahanan Nasional UGM Syafiq Effendi mengatakan setiap tahun Desa Kadiwono mendapatkan pembinaan dari UGM, program perdana sudah berlangsung pada tahun 2019 lalu.

“Dengan mengusung tema pengembangan desa wisata tahun berikutnya dilanjutkan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kadiwono dalam memperkuat ketahanan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” terangnya.

Tahun ini, lanjut Syafiq PKM yang dibuka melalui pertemuan virtual dan mengusung tema penguatan desa sejahtera mandiri berbasis pariwisata dan Bumdes.Tujuannya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi saat pandemi Covid-19.

“Ini menjadi tugas perguruan tinggi yakni memberikan stimulus kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mencapai kehidupan mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Rembang Abdul Hafidz berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif terhadap kemajuan di Kabupaten yang ia pimpin.

Pengabdian masyarakat menurutnya harus didasari dengan rasa keikhlasan serta mengandung nilai agama maupun kemanusiaan.

“Nantinya banyak ide yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, khusunya masyarakat di Desa Kadiwono,” katanya.

Hafidz menambahkan rekomendasi yang diambil nantinya diharapkan bisa diterima oleh semua pihak, terutama terkait upaya manajemen konflik. Ia berpesan melalui program ini semoga mampu memberikan edukasi pengelolaan konflik agar mampu membawan kemajuan.

“Pertama yang harus kita tangani adalah bagaimana masalah sosial, ekonomi dan motif yang terjadi di konflik itu. Sehingga melalui ketahanan ekonomi diharapkan bisa membawa ketahanan nasional,” pungkasnya. (MM)