Tajam News

Dongkrak Ekonomi Warga , Ini Yang Dilakukan Pemdes Dasun Lasem

REMBANG ,Mediatajam. Com _Dengan memberikan fasilitas ruang pamer bagi puluhan pedagang kecil yang berada di ruang terbuka hijau (RTH).Pemerintahan Desa (pemdes) Dasun Kecamatan Lasem bisa dibilang sukses mengangkat perekonomian warganya yang mampu meraup penghasilan ratusan ribu rupiah tiap malam

Berdasarkan pantauan mediatajam hampir tiap malam terlebih malam Minggu saat cuaca cerah para pedagang kecil mulai pedagang nasi kucing lontong tahu hingga mainan anak anak dilokasi RTH itu selalu dipenuhi pengunjung baik dari dalam maupun luar kecamatan Lasem padahal sebelum ada penataan tempat itu tidak ramai seperti sekarang.

Salah satu pedagang jajanan dilapak RTH Dwi Lestari (42) th warga RT 3 RW 1 Desa setempat mengungkapkan untuk tiap hari pendapatan kotor hasil jualannya setiap malam antara Rp 250 Ribu hingga 300 ribuan

“Ya alhamdulilah pak sejak pemerintahan desa Dasun membangun RTH memberikan ruang usaha untuk kami ekonomi warga disini bertambah yang saya harapkan kedepan pemerintah Kab Rembang dapat membantu menambah fasilitas pendukungnya salah satunya lahan parkir .”ungkapnya

Kepala Desa Dasun Kecamatan Lasem Sujarwo mengaku bahwa adanya penataan RTH ini nantinya bisa membuat perekonomian warga terdongkrak.

“Yang jelas saat ini sudah ada sekitar 25 warga yang berjualan di sekitar RTH ini. Baik itu makanan minuman, wahana permainan anak anak dan lainnya,”ujar dia.

Hanya saja saat ini para pengunjung masih mengeluhkan belum adanya tempat parkir kendaraan. Sehingga di saat bekunjung ke area itu mereka harus membawa motor atau menarih motornya berada di luar area permaianan.

“Nantinya kita akan membuat kantong parkir yang akan direncanakan dibuat di sebelah timur pintu masuk. Sehingga kedepannya bisa tertata kembali,”ucapnya.

Di sisi lain, ia juga tak memungut biaya kepada para pedagang. Melainkan hanya memungut uang untuk fasilitas air dan listrik.

“Kalau uang listrik dan air kita pungut. Sebab itu juga kembali ke mereka (fasilitas jualan) dan lainnya,”urainya.

Sementara itu, salah satu pengunjung dari Sarang Syarifah mengutarakan, RTH ini cukup menarik untuk tempat wisata keluarga.

“Sangat terjangkau, sangat murah. Dan bisa menjadi tempat alternatif bagi keluarga untuk mengisi malam minggu. Hanya saja, parkirannya khususnya untuk mobil belum tersedia,”keluhnya. **Hasan Yahya