Tajam News

Ekstream! Pegiat Alam di Rembang Akan Kibarkan Merah Putih Raksasa di Gunung Nganten

Foto : Nailul Khakim bersama para pegiat Alam Rembang saat meninjau lokasi gunung Nganten untuk persiapan pengibaran bendera raksasa, Kamis (12/8/2021).

REMBANG, mediatajam.com – Kelompok pegiat alam Kabupaten Rembang bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Lemah Putih, akan mengadakan pengibaran bendera raksasa di gunung Nganten di Desa Lemah Putih, Kecamatan Sedan, Rembang pada tanggal 17 Agustus nanti, Kamis (12/8/2021).

Ketua pengibaran bendera raksasa, Nailul Khakim mengatakan, bendera yang nantinya akan dikibarkan berukuran lebar 3 meter dan panjang 60 meter. Pengibaran bendera ini akan melibatkan 10 orang tim profesional di bidang panjat tebing.

“Petugas pengibaranya nanti ada 5 orang yang memegang bendera raksasa, dan ada 5 orang lagi sebagai asisten pengibaran. Mengingat jarak tebing yang di pakai pengibaran bendera dengan lapangan yang akan dipakai upacara cukup jauh maka 10 orang tersebut punya tugas masing-masing,” jelasnya.

Karena letak gunung Nganten berada dilokasi tebing yang curam, lanjut Nailul teknis pengibaran bendera nantinya akan dipasang sebelum upacara dimulai. Bendera yang sudah terpasang akan digulung dan dikibarkan menjelang detik-detik proklamasi.

“Nah ketika digulung, itu ada lima orang. Soalnya vertikal kan, orang ini yang memegang tali turunya sedikit-sedikit. Bendera diturunkan saat menyanyikan lagu Indonesia raya. Ketika bendera sudah berkibar, nanti berbarengan dengan selesainya lagu Indonesia raya,” imbuhnya.

Nailul menambahkan pemilihan gunung Nganten sebagai lokasi pengibaran bendera raksasa karena di Desa Lemah Putih punya potensi wisata. Salah satunya di gunung Nganten.

“Seperti di daerah lain, di desa sekarang lagi bergeliat membangun wisata. Gunung Nganten ini saya melihat ada potensi untuk dikembangkan menjadi wisata minat khusus yaitu vea ferrata atau panjat tebing. Pengibaran bendera ini juga menjadi promosi yang targetnya nanti tercapai membuat wisata minat khusus itu,” pungkasnya. (MM)