Tajam News

Ini Pesan Wabup Kendal Saat Sholat Jumat di Masjid Karangayu

Kendal, Mediatajam.com–Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki tidak mempermasalahkan masyarakatnya untuk kembali menjalankan salat Jumat di masjid selama masa PPKM Level 4.

Hal tersebut ia sampaikan kepada Kepala Desa Karangayu dan beberapa tokoh masyarakat setempat, usai menjalankan Shalat Jumat di Masjid Al-Huda, Desa Karangayu, Kecamatan Cepiring, Jumat (30/7/2021).

Namun, kata wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut, dirinya meminta kepada aparat pemerintah di tingkat bawah untuk benar-benar memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan.

“Selama protokol kesehatan dijalankan saya rasa itu tidak masalah (melaksanakan salat Jumat). Makanya saya minta unsur pemerintahan desa, kecamatan, kepolisian dan TNI serta puskesmas untuk membantu menjalankan protokol tersebut,” ujarnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud diantaranya, pengecekan suhu tubuh, pemberian masker hingga ketersediaan hand sanitizer.

Untuk pemenuhan kebutuhan itu, Pakde Bas berharap semua unsur satgas Covid-19 tingkat desa mempersiapkannya.

“Pelaksanaannya bisa koordinasi dengan kecamatan dan desa dibantu oleh puskesmas, polsek dan koramil. Kita juga harus siap, bisa dikoordinasikan apa saja yang nanti dibutuhkan. Misalnya membagikan masker,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Karangayu dan sekitarnya, yang telah mematuhi protokol kesehatan.

“Saya salut, warga Desa Cepiring mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan shalat jumat ini. Terus terang saya pernah, shalat jumat di salah satu desa, disana kesadaran warganya masih kurang. hanya saya yang menggunakan masker saat itu,” ungkapnya.

Pakde Bas berharap, seluruh lapisan masyarakat berdoa agar Kabupaten Kendal segera terbebas dari pandemi. Dan seluruh pihak yang terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 diberikan kekuatan.

“Dengan banyaknya doa mudah-mudahan kita dan bangsa ini bisa segera terbebas dari pandemi. Sehingga silaturahmi bisa kembali tumbuh di tengah-tengah masyarakat kita,” harapnya.

Usai menjalankan Shalat Jumat, Wabup kemudian mengikuti takziah di kediaman salah satu warga desa Karangayu.

Kepala Desa Karangayu, Achmad Riyadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pakde Bas yang mendadak hadir di tengah-tengah warganya.

Kemudian dirinya mengajak Wabup untuk takziah di rumah salah satu warga yang meninggal.

“Saya tadi dikabari pak Danramil Cepiring, kalau mau ada Pak Wabup, yang mau shalat Jumat di masjid Al Huda desa kami. Terima kasih Pakde Bas,” kata Riyadi. *Syf