Tajam News

Kapolda Jateng:Anggota Polri Harus Bisa Berwirausaha

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono tengah foto bersama usai membuka pelatihan

Semarang.Mediatajam.Com.Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mendorong bagi anggoto Polri maupun PNS Polri untuk bisa berwirausaha  agar nantinya tidak kaget jika sudah memasuki masa pensiun .

“Hari ini kami menggelar pelatihan bagi anggota Polri dan PNS Polri  menjelang purnatugas supaya bisa menatap masadepan saat pengsiun itu dengan semangat ,dengan lebih mandiri sukur-sukur bisa wirausaha dan membawa kesuksesan, “ujar Condro usai membuka pembekalan dan pelatihan ketrampilan pegawai Negeri pada Polri Polda Jateng di Hotel Patrajasa Semarang Selasa (20/20/18).

Kapolda Jateng secera simbolis melepas benih ikan Kerapu dalam pelatihan kewirausahan

Menurut Condro,anggota Polri yang nantinya pensiun aktifitasnya akan berbeda saat mereka masih aktif menjadi Anggota Polri ,kata dia tidak akan ada lagi pagi masuk kantor bekerja ,kemudian sore maupun malam pulang kantor akan tetapi semua di serahkan pada persiapan-persiapan anggota Polri dan PNS tersebut sebelum menjelang masa pensiun .

“Untuk pensunya itu perlu di isi dengan menambah keimanan dan ketaqwaan dan keihlasanya ,jangan sampai nanti ada istilahnya kaget tidak ada usaha tidak ada apa makanya ini di ajari juga tentang wirausaha seperti perikanan ,peternakan ,membuat telur asin dan apa saja yang menghasilkan .”katanya .

Lebih lanjut Condro menambahkan ,dalam acara pelatihan yang di selenggarakan setiap tahunya ini kata dia pada gelombang pertama ini di ikuti sekitar 800  lebih peserta yang di bagi dalam dua gelobang dan waktu pelatihan selama 4 hari .

“Jadi Pelatihan Ini di ikuti peserta yang akan pengsiun dalam tiga tahun mendatang dan nanti saya minta yang di latih ketrampilan di sini selama 4 hari pada tahun 2022 nanti  harus ada yang tampil untuk menyampaikan bahwa saya sudah berhasil mengisi pensiun ini dengan usaha –usaha berkat adanya pelatihan ketrampilan ini .”pungkasnya .

Sementara itu Sasmito SH.MH selaku ketua Keluarga Besar Putra-Putri Polri Jawa Tengah menambahkan,bahwa dalam rangka mendukung anggota Polri maupun PNS Polri  dalam dua,tiga tahun setelah purna dalam masuk kehidupan bermasyarakat agar tidak kaget ,untuk itulah pihaknya mengajak untuk berwirausaha meskipun Cuma kecil-kecilan seperti membuat jamur.rempeyek , dan sebagainya yang terpenting kata dia bisa menciptakan kemandirian .

“dalam kehidupan bermasyarakat Anggota Polri yang sudah purna akan menjadi suwasta murni untuk itu perlu adanya penyesuaian,maka kami sejak tahun 2015  bekerjasama denga Polda Jateng menyelengarakan acara keterampilan dan kami evaluasi setiap tahunya dan  hasilnya mereka sudah mulai menyesuaikan kondisi pasar kehidupan berusaha bermasyarakat ,”bebernya.

Menurut Sasmito,dalam pelatihan ini ada macem-macem ada yang menjadi Pranotocoro,ada mereka yang bisa memasarkan tidak punya lahan tapi bisa memasarkan dan mendapatkan untung,ada yang punya lahan dan berternak bagaimana berternak dengan baik dan prefesional.

“Jadi ini yang kita harapkan beliu-beliau ini  nanti bisa mandiri paling tidak nanti tidak kaget dengan kehidupan di masyarakat .”tandasnya .

Hadir Sebagai nara sumber pelatihan dan keterampilan  dalam acara tersebut yakni,Ir Sucipto M.Si  dari sekolah tinggi penyuluhan pertanian magelang kementerian Pertaian,Prof,Dr.Sucihatiningsih ,SE,MM  Universitas Negeri  Semarang , Prof.Dr. Suwarna  M.Pd Universitas Negeri Yogyakarta .Prof,Etty Soesilowarti M,Si Universitas nnifersitas Neeri Semarang ,Prof,Dr.Totok Sumaryanto M,Pd Universitas Negeri Semarang,Widiodo S.P.d M.Pd Universitas Negeri Semarang Fauzi Arkhan M.Ag  STAIN Salatiga dan Suwondo Mutiara Organik Magelang..**Uut