Tajam News

Kepala Dinkes Kab. Gowa: Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Gowa, mediatajam.com – Dinas kesehatan pemerintah kabupaten gowa mengajak seluruh masyarakat yang ada di kab gowa untuk mendukung program germas (gerakan masyarakat hidup sehat) lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Kepala dines kesehatan kab gowa dr Hasanuddin saat di temui diruang kerjanya belum lama ini, menjelaskan (Germas) ini merupakan program kementrian kesehatan pusat, menghimbau masyarakat mengutamakan upaya promotif dan preventif atau pada level promosi dan pencegahan, bukan level pengobatan

Upaya promotif dan preventif adalah dua tujuan utama Germas, hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan pengetahuan serta kemandirian masyarakat dalam hal memperhatikan pola hidup atau life style sehari-hari.

Masalah kesehatan dapat dicegah jika kita fokus upaya promotif dan preventif dalam setiap program kesehatan. Memang dalam upaya tersebut dibutuhkan sumber daya, biaya, dan waktu yang panjang, tetapi tidak akan sebanyak apabila kita berfokus pada level kuratif dan rehabilitatif atau pengobatan saja. Ujarnya.

Maka dari itu, dua upaya awal yaitu promotif dan preventif adalah tujuan utama Germas. Dalam mewujudkan tujuannya, Germas tidak hanya mengandalkan sektor kesehatan saja, tetapi perlu bantuan semua komponen masyarakat agar bersenergi gotong royong meningkatkan kesadaran dan kemauan hidup sehat.

Program kerja ini meliputi beberapa kegiatan yang dipromosikan kepada masyarakat, pada tahap awal, germas secara garis besar akan memulai kegiatan promotif dan preventiv beruba imbauan.

Seperti melakukan aktivitas fisik/ olahraga menimal 30 menit sehari, mengkomsumsi buah dan sahur setiap hari dan memeriksa kesehatan menimal enam bulan sekali. **Muldani