Tajam News

Mitra Binaan Semen Gresik Difasilitasi Modal Usaha Dan Pelatihan Akuntansi

REMBANG,Mediatajam.Com_ Guna mewujudkan pengelolaan usaha yang profesional dan tertib ratusan wiraswasta di Kabupaten Rembang mendapatkan pelatihan akuntansi ,Kegiatan pelatihan yang digelar oleh PT Semen Gresik tersebut salah satu bagian komitmen perusahaan dalam memajukan perekonomian warga sekitar industri.

Manager program kemitraan PT Semen Indonesia, Sri Wahyuningsih menyebutkan, pelatihan tersebut diikuti sebanyak 100 pengusaha dari total 567 pengusaha mitra binaan PT Semen Gresik di Rembang.

“Para pengusaha mitra binaan ini kita ajak untuk membuat rekapan keuangan perusahaan. Setiap hari mereka kami arahkan untuk membuat draft, pemasukan dan pengeluaran segingga terpantau laba dari perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, wiraswasta yang mengikuti program mitra binaan merupakan pengusaha yang mendapatkan perbantuan modal. Nilainya mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 75 juta tergantung bentuk usahanya.

“Selain permodalan usaha, kita beri mereka pelatihan. Karena kami juga turut bertanggung jawab atas keberhasil pengusaha yang jadi mitra binaan kami. Hasil dari pelatihan ini, kita akan dampingi terus tiap periodenya,” imbuh Sri.

Marzuki, pengusaha meubel warga Desa Lodan wetan kecamatan Sarang, Rembang mengatakan, bisa menjadi bagian dari mitra binaan sangat membantu memajukan usahanya. Ia mengaku telah dua periode ini mendapatkan bantuan permodalan dari PT Semen Gresik di Rembang.

“Dulu sudah pernah mengajukan, periode 1,5 tahun sudah selesai, ini mengajukan lagi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, berkat adanya Peraturan Menteri Keuangan yang baru terkait bunga makin meringankan para wiraswasta. “Bunga pinjaman yang semula 6 persen pertahun, pada pengajuan yang baru ini jadi 3 persen. Sangat terbantu, kalau dibanding bank jelas jauh,” katanya.**Hasan