Tajam News

Pemdes Bersama Lembaga Desa Karangayu Bahas Rancangan RKPDes Tahun 2022

Kendal, MediaTajam- Pemerintah Desa Karangayu Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal beserta Lembaga Desa yang lain mengagendakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) untuk tahun anggaran 2022,Rabu (28/7/21).

Agenda musyawarah ini fokus pencermatan Dokumen RPJMDesa (2020-2026), adanya Tim Penyusun RKP Desa sekaligus pembahasan prioritas rencana kegiatan pembangunan Desa untuk tahun Anggaran 2022.

N Huda mewakili Ketua BPD Ibnu Hajar,menyampaikan Perencanaan kegiatan pembangunan Desa khususnya Desa Karangayu Kecamatan Cepiring bisa maksimal dan sejalan dengan rencana masukan, dan usulan dari beberapa lembaga desa tingkat RT dan RW.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar ditemukan titik temu prioritas usulan pembangunan Desa dan juga sinkronisasi perencanaan pembangunan Desa dengan Pemerintah Kabupaten,” terang Ketua BPD ini”.

Pemerintah Desa wajib menyusun RKP-Desa sebagai penjabaran RPJM-Desa dan juga sebagai dasar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). RKP-Desa disusun oleh Pemerintah Desa sesuai informasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota berkaitan dengan pagu rencana Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Desa Karangayu, Bapak Riyadi menjabarkan bahwa kegiatan yang di mulai bulan ini sebelumnya telah dibentuk Tim Penyusun RKP Desa yang di ketuai oleh Sekretaris Desa.

“Tim sudah berjalan, mulai dari pencermatan pagu dana dan penyelarasan program/kegiatan yang masuk ke Desa, pencermatan ulang dokumen RPJM Desa, penyusunan rancangan dan daftar usulan RKP Desa,” tuturnya.

Selanjutnya hasil kesepakatan musyawarah Desa RKPDesa dituangkan dalam berita acara. Kepala Desa mengarahkan Tim penyusun RKP-Desa melakukan perbaikan dokumen rancangan RKP-Desa berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah, rancangan RKP-Desa menjadi lampiran Rancangan Peraturan Desa tentang RKP Desa, Kepala Desa menyusun rancangan Perdes RKP Desa yang akan dibahas dan disepakati bersama oleh kepala Desa dan BPD untuk ditetapkan menjadi Peraturan Desa RKP Desa.pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan,Perwakilan kecamatan Huda Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan.Cepiring, M.Taufiq Pendamping Desa,Teguh Soepriyatno Pendamping Lokal Desa,Ketua LKPMD ,Rindang.
Wakil Ketua BPD Karangayu dan Perwakilan BPD, RT, RW, TP PKK,Karang taruna.serta Bhabinsa-Bhabinkamtibmas.**Red//Syi