Tajam News

Pemdes Desa Kaliayu Sosialisasi Penyusunan RKPDes 2022

Kendal,Mediatjam.com –Pemerintahan Desa Kaliayu Kecamatan Cepiring, menggelar Musyawarah Desa dalam rangka sosialisasi tahapan, penyusunan, dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Kaliayu untuk Tahun Anggaran 2022 yang di langsungkan di Balaidesa Kaliayu, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal.

Kepala Desa Kaliayu, Jazuri mengatakan, kegiatan Musdes RKP Desa Kaliayu, untuk mencapai tujuan yang ingin di capai dalam perencanaan tahunan desa sebagai upaya untuk mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahunan

“Setiap tahun kita melakukan penyusunan RKP Desa dan ini di tetapkan untuk kegiatan dalam setahun yang ada dalam RPJM Desa Kaliayu,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Dijelaskan, selain hal itu juga agar tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien, dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera. Oleh karena itu berangkat dari maksud dan tujuan tersebut, maka kedudukan Rencana Kerja Pemerintah Desa yaitu sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan Pembangunan Desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.

Sementara itu, Sekertaris Desa Dwi Ganjar, menyampaikan arahan yang memuat pokok-pokok pikiran bahwa sosialisasi RKP Desa ini dilakukan sebagai langkah pelayanan pembangunan kepada masyarakat desa, yaitu pembangunan secara fisik dan nonfisik.

“Musyawarah RKP Desa Kaliayu ini sebagai perencanaan tahunan untuk mencapai tujuan akhir yang ditetapkan di dalam RPJM Desa dan kegiatan ini mengacu pada
Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 Ttg Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” ungkapnya.

Usai Pelaksanaan Musdes, Jazuri menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ada sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Dalam kesempatan tersebut kami juga memberikan arahan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas sekaligus mengajak para peserta Musdes di masa pandemi Covid-19 ini untuk terus mensosialisasikan kepada warga dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” pungkasnya.

Hadir Dalam kegiatan,Perwakilan kecamatan Syaiful Huda, S.T., M.A. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Cepiring, M.Taufiq Pendamping Desa,Teguh Soepriyatno Pendamping Lokal Desa, Perwakilan BPD, RT, RW, TP PKK, dan Karang taruna.**(syifak)