Tajam News

Pemerintah Pusat Anggarkan Rp 196 M Untuk Perbaikan Jalan Pantura Kudus Pati Rembang

REMBANG,Mediatajam. Com _ Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian Pekerjaan Umum tengah menganggarkan dana Rp 196 miliar untuk peningkatan Jalan Pantura khususnya di bagian timur Jateng.

Anggaran sebanyak ratusan miliar tersebut akan digunakan untuk perbaikan jalan mulai kilometer 46, Kabupaten Kudus sampai dengan Pantura Rembang timur batas Jatim selama dua tahun mulai 2018 sampai 2019 mendatang.
Pengawas Jalan Pantura Kudus-Rembang batas Jatim, Edi Nur Kayat menyatakan, penanganan selama dua tahun mendatang tidak seluruhnya dilakukan dengan pembetonan.

Selain itu, untuk penanganan di kawasan kering, peningkatan hanya akan dilakukan dengan model overlay aspal. Sedangkan penanganan dengan cara pembetonan hanya dilakukan pada daerah tertentu yang masuk kategori basah.

Kondisi jalan berlubang di beberapa ruas jalan pantura rembang

“Kontraknya dua tahun, sehingga peningkatan titik-titik kerusakan akan dilakukan dalam dua tahap, 2018 dan 2019. Saat ini belum dilakukan pelelangan, dan kami tidak mengetahui perkembangannya lantaran hanya sebagai eksekutor,” terangnya.
Di sisi lain, khusus untuk Pantura Rembang selama dua tahun akan mendapatkan alokasi peningkatan sepanjang 5,2 kilometer

“Kalau pantura Rembang selama dua tahun ke depan mendapatkan sepanjang 5.2 kilo meter dengan Rinciannya, 2 kilometer di kawasan traffic light Lasem, 2 kilometer Pantura Tireman Kota Rembang serta 1,2 kilometer di Pantura Dresi Kaliori.
Hanya saja ke tiga titik tersebut secara keseluruhan rencananya tidak dieksekusi pada tahun ini.

Titik yang sudah dipastikan ditangani tahun ini hanya kerusakan pada Jalan Pantura kawasan traffic light Lasem
“Untuk Rembang, yang pasti tahun ini baru Lasem. Pantura Tireman dan Dresi Kaliori belum bisa dipastikan, bisa tahun ini atau tahun 2019 mendatang, melihat kondisi. Di Lasem kondisinya memang mendesak diperbaiki. Semuanya masih dalam tahap perencanaan,” ujar dia.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Kementerian PU, kondisi Jalan Pantura timur Jateng hampir seluruhnya mengalami kerusakan. Namun, kerusakan yang masuk kategori parah tidak lebih dari 30 kilometer.
Hasil pantauan dilapangan, kerusakan cukup parah Jalan Pantura timur Jateng banyak terjadi di Ruas Kudus-Pati, termasuk Lingkar Kudus.

Selain itu beberapa kerusakan parah yang terdapat di Rembang di antaranya adalah jalan pantura Kaliori ,Pasar Banggi Kec Rembang Sendangmulyo Sluke Sumbersari Kragan serta perbatasan Jateng-Jatim di Desa Kalipang dan Temperak Sarang.**Hasan Yahya