Tajam News

Satlantas Polrestabes Semarang Gelar Operasi Arus Balik, 100 Kendaraan Diberikan Surat Bebas Covid Dan Stiker

SEMARANG ,mediatajam.com– Dalam menindaklanjuti arahan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar melalui Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, melaksanakan kegiatan Operasi di Kota Semarang terhadap kendaraan-kendaraan arus balik, Senin (17/05/2021). Kegiatan kali ini, dilaksanakan di simpang lima, Kota Semarang.

Dalam kegiatan ini, petugas gabungan personil yang terlibat dalam operasi tersebut yaitu TNI-Polri, Dinas Kesehatan kota Semarang, Dinas Perhubungan Semarang dan Satpol PP Kota Semarang.

Dijelaskan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, bahwa Kendaraan-kendaraan yang diperiksa tersebut, diantaranya bus, travel dan kendaraan pribadi.

“Hari ini Kita melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut secara selektif, khusus yang masyarakatnya banyak, yang kita laksanakan di Simpang Lima, Semarang,” terang Sigit.

Lanjut Kasatlantas Polrestabes Semarang ini, Satlantas Polrestabes Semarang juga melakukan pengecekan pada kendaraan-kendaraan yang akan melakukan arus balik, setelah dicek dan dinyatakan sudah lengkap selanjutnya kendaraan akan di tempeli stiker biru yang bertuliskan Operasi Ketupat Candi 2021 Polda Jawa Tengah.

Sedangkan untuk kendaraan yang arus balik keluar kota Semarang, Kata Sigit, Satlantas Polrestabes Semarang memberikan Swab Antigen gratis. Apabila dinyatakan negative, pemudik akan diberikan surat hasil Swab tersebut.

“Setalah lakukan Swab Antigen, pemudik yang akan kembali ke kota asalnya, akan kita berikan stiker dan surat keterangan Negatif. Kemudian pemudik yang balik ini, bisa melanjutkan perjalanan, jika tiba tujuan, terjadi pemeriksaan, pemudik tinggal menunjukkan surat dan stiker tersebut kepada Satlantas disana, petugas disana sudah paham bahwa kendaraan itu sudah melalui proses,” jelas Sigit.

Dijelaskan Sigit, Bahwa kegiatan operasi ini, dilaksanakan di beberapa titik, seperti di Tol Kalikangkung, dan di perbatasan-perbatasan Provinsi, termasuk di Simpang Lima, Kota Semarang ini.

“Kegiatan Arus mudik ini, kita mengikuti arahan dari Kapolda Jateng yang disampaikan pada Vicon pagi tadi. Bahkan kapolda juga meminta anggota tidak lengah walaupun kegiatan diadakan di Kota Semarang juga, harus tetap focus pada kegiatan arus balik ini,” tuturnya.

“Kita juga memberikan pelayanan, barangkali ada pemudik yang akan balik kedaerahnya, namun tidak lengkap surat-suratnya, kita akan berikan agar masyarakat dapat kembali ke tujuannya,” Imbuhnya.

Sigit Juga menambahkan, sudah ada sekitar 100 kendaraan yang sudah dibantu Satlantas Polrestabes Semarang dengan Swab Antigen dan hasilnya semua dinyatakan negatif.

“Total surat Swab antigen yang diberikan oleh kita, sebanyak 100 lembar pada pemudik jadi bisa dipastikan pemudik yang melakukan perjalanan balik tersebut, dinyatakan negatif Covid-19,” pugkasnya. SF/BM