Tajam News

Satpol PP Kota Semarang Razia Miras di Gala Cafe Jolotundo

Semarang,mediatajam.com – Petugas Satpol PP Kota Semarang mengamankan 95 botol minuman keras (miras) berbagai jenis, pada Rabu (14/12) malam. 95 botol miras itu diamankan saat petugas menggelar operasi yustisi penegakkan peraturan daerah (perda).

95 Botol miras itu diamankan dari Gala Cafe yang beralamat di Jalan Jolotundo, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari. Saat petugas datang tiba, di lokasi itu sedang padat pengunjung. Bahkan ada beberapa pengunjung pria maupun wanita sedang asyik menikmati miras.

Karena melihat ada pengujung yang asyik menikmati miras, akhirnya petugas menyusuri semua sudut cafe untuk mengecek keberadaan miras. Petugas pun akhirnya mendapati miras disembunyikan di laci dan celah meja kasir.

95 botol miras itu pun langsung diangkut petugas ke truk taktis. Beberapa petugas lainnya mendata seorang karyawan yang bertanggungjawab atas cafe itu. Petugas memberikan surat pemberitahuan penyitaan dan sidang tindak pidana ringan.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto melalui Kepala Bidang PPUD Marthen Da Costa mengatakan 95 botol miras itu terdiri dari jenis Soju, Anggur Merah, Congyang dan Kawa Kawa.

“Tadi kami cek, ternyata engga ada izin miras itu. Selama miras engga ada izin, maka kita sita,” kata Marthen.

“Ini agar ada efek jera. Kita engga pernah melarang seseorang berusaha. Tapi kalau berusaha harus taat aturan,” tegasnya.

Ia menyayangkan pihak management kafe yang menjual miras tanpa izin. Sebab, pelanggaran manajemen ini bukan kali pertama. Menurutnya menjual miras tanpa izin jelas melanggar Peraturan Daerah Kota Semarang nomor 8 tahun 2017.

“Ini pelanggaran yang kedua yang dilakukan pihak kafe ya. Sebelumnya, pihak kafe juga sempat ketahuan menjual miras tanpa izin pada saat PPKM. Kemarin pasca pelanggaran pertama, katanya sanggup urus izin. Tapi hari ini kita cek ternyata belum ada izinnya,”pungkasnya.**SF