Tajam News

THL di Pemkab Rembang Jadi Sorotan Dewan , BKD Belum Mendapat Laporan Jumlah dan Sumber Anggaran Honornya

Rembang,mediatajam.com – Jumlah pekerja tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang menjadi pergunjingan masyarakat luas .

Pasalnya, jumlah semakin bertambah banyak sehingga keberadaan THL tersebut menjadi beban APBD.

Kabar yang berkembang luas THL dari berbagai tingkat pendidikan,mulai SLTA, Diploma yang ditempatkan
di seluruh satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) dan  di kecamatan kecamatan jumlahnya ribuan .

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD ) Kabupaten Rembang Drs Suparmin saat dikonfirmasi terkait jumlah total seluruh THL dan
dari mana sumber anggaran honor untuk ribuan THL itu
Pihaknya tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah dan dari mana sumber anggaran honor untuk mereka.
Suparmin menjelaskan karena kegiatan seluruh tenaga harian lepas itu melekat di masing – masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan tidak dilaporkan ke BKD , sehingga itu menjadi urusan OPD Masing -masing. “ungkapnya secara singkat melalui pesan Whatsapp Jum’at (6 Agustus 2021)

Ketua Komisi 1 DPRD Rembang Mashadi didampingi Wakil Ketua Muhamad Subawoto saat dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan untuk data jumlah total THL tentunya yang mengetahui secara pasti adalah Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) , kami beberapa kali dalam sidang DPRD sudah mengingatkan Pemkab untuk tidak menambah THL.
DPRD tidak menghambat THL sepanjang memang dibutuhkan di SKPD tetapi kalau kebanyakan ini yang menjadi beban APBD ,” kata Bawoto .

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindidikpora) Kabupaten Rembang, Mardi
saat dikonfirmasi terkait berapa jumlah tenaga harian lepas dan dari mana anggaran honornya yang ada di satuan kerjanya mengatakan untuk jumlah tenaga harian lepas di Dindikpora seluruhnya ada 48 orang dan tersebar di kantor korwil bidang pendidikan yang ada di 14 kecamatan termasuk di kantor Dindikpora .

“THL tersebut terdiri dari tenaga driver, tenaga keamanan, tenaga kebersihan, dan tenaga teknis. Sedangkan honor untuk semua tenaga harian lepas itu bersumber dari APBD Rembang.”bebernya (Hasan M Yahya)